Bisnis Kue Waffle Kini Makin Populer dan Menjanjikan

Kue waffle? Mungkin yang terlintas adalah kue dengan bentuk persegi panjang dengan bulatan beraturan. Kue ini terkenal sangat lembut sekali, maka dari itu banyak yang menjadikan kue ini bukan hanya sebagai makanan cemilan, tapi juga sebagai alat bisnis


Makan, merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan manusia, karena dengan makan inilah makhluk hidup bisa meneruskan hidupnya dengan baik. Lebih jauh lagi, makan bisa membuat sehat dan lain sebagainya. Tapi sekarang, makan tidak hanya sebagai kebutuhan pokok saja, tapi juga sebagai lifestyle alias gaya hidup sehingga bnayak tempat makan yang bukan hanya menjual makanan, tapi juga menjual gengsi.
Bahkan makan juga bisa menjadi status sosial, dan hal tersebut percaya atau tidak memang terjadi sekarang. Dilihat dari tempat makan atau makanan itu sendiri, karena makanan sekarang ada yang harganya sampai jutaan rupiah.
Waffle juga menjadi trend sekarang dan jadi lifestyle cemilan masa kini. Dan hal inilah yang dijadikan peluang oleh beberapa orang yang ingin menjadi pengusaha, yaitu menjadikan kue waffle sebagai alat pencetak uang mereka. Anda juga bisa melakukan hal tersebut dan bisa juga memdapatakn pundi-pundi rupiah dari bisnis ini.
A. Hal yang Dibutuhkan Untuk Berbisnis Kue Waffle
Untuk menekuni bisnis ini dan menjadikan makanan ini sebagai sumber penghasilan anda, ada beberapa hal yang harus ada persiapkan dan anda butuhkan, sehingga bisnis ini bisa lancar dan mendatangkan banyak untung untuk anda. Berikut beberapa hal tersebut:
1. Dapur
Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai laboratorium anda dalam bereksperimen untuk menghasilkan waffle yang enak dan banyak dicari oleh pelanggan anda. Dapur yang dimaksud bisa saja dapur anda di rumah, yang jelas anda enjoy, nyaman dan menikmati dalam membuat kue waffle tersebut. Sehingga hasilnya juga akan enak.
2. Perlatan Masak
Peralatan yang paling mendasar dan sangat penting dalam membuat kue ini adalah cetakan untuk membentuk kotak-kotak yang menjadi ciri utama dari kue waffle ini. Sehingga pelanggan juga tertarik untuk mencoba dan menikmati hasil masakan anda. Dan beberapa peralatan masak lainnya seperti panci, wajan dan lain sebagainya.
3. Bahan Utama Dalam Pembuatan Waffle
Poin ini yang sangat penting dari segalanya karena tanpa poin ini tentunya tidak akan bisa anda membuat kue waffle. Beberapa bahan tersebut adalah, terigu, gula, baking powder, garam, susu, baking soda, telur dan minyak goreng tentunya yang akan menjadi bahan utama dalam membuat waffle yang banyak dicari orang tersebut.
4. Lokasi yang Strategis
Tempat yang dimaksud adalah untuk berjualan waffle tersebut. Dan yang dimaksud tempat bukan hanya kios atau sejenisnya, tapi lebih luas dari itu tempat bisa saja bukan hanya dalam dunia nyata, tapi dunia online juga bisa menjadi tempat anda menjual produk anda yaitu kue waffle.
B. Tips Singkat Membuat Kue Waffle
Dalam membuat kue waffle ini ada beberapa tahap yang harus anda lakukan sehingga hasil dari kue yang diinginkan bisa terwujud, dan berikut caranya:
  1. Buatlah sebuah adonan dari terigu, gula, baking powder, garam susu, telur, dan berbagai bahan lainnya yang menjadikan adonan siap untuk di cetak
  2. Sebelum di cetak anda bisa diamkan terlebih dahulu agar adonan bisa mengembang sedikit.
  3. Berikan sedikit minyak goreng atau mentega di cetakan yang sudah dipanaskan, sehingga bisa siap untuk dijadikan tempat membuat kue waffle.
  4. Masukan adonan secukupnya kedalam cetakan yang sudah panas dan telah ditambahi dengan minyak goreng atau mentega.
  5. Diamkan terlebih dahulu adonan yang telah masuk kedalam cetakan selama 3 sampai 3/12 menit agar menjadi lebih kering (tapi hal tersebut bisa sesuai selera masing-masing)
  6. Angkat dan beri tambahan rasa lainnya seperti coklat atau susu agar lebih nikmat rasa yang dihasilkan oleh anda
C. Meraup Keuntungan Dari Bisnis Kue Waffle
Tidak bisa disangkal lagi bahwa memang kue waffle banyak disukai dan selalu di cari entah itu sebagai cemilan atau bahkan ada juga orang yang menjadikan kue ini sebaha pengganti makan. Selain itu kuntungan yang diberikan oleh kue ini kepada anda akan lebih besar lagi jika anda bia memasarkannya dengan benar.
Anda hanya membutuhkan modal yang tidak terllau besar untuk membuat dan menjual kue waffle ini sehingga membuat anda bisa meraup beberapa keuntungan yang tidak kalah menarik dan tidak kalah enak dengan rasa yang dihasilkan dari kue ini. Berikut beberapa kuntungan yang bisa dihasilkan:
1. Modal kecil
Anda tidak harus mempunyai alat-alat yang berteknologi tinggi dan mengeluarkan banyak biaya, tapi cukup dengan cetakan kue tersebut yang bisa anda jadikan senjata utama dalam membuat kue waffle. Dan anda hanya membutuhkan sekali beli saja cetakan tersebut selebihnya adalah bahan habis pakai.
2. Kuntungan besar
Hasil yang diberikan dari bisnis kue waffle ini tidak kalah manrik, anda akan mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Jika anda mempunyai modal 1,5 juta rpiah misalnya dan anda bisa menghasilakn 50 kue waffle dalam sehari, dengan harga satuannya 7 ribu, maka sehari anda akan mendapatkan 350 ribu, dan hanya dengan 4-5 hari dengan penghasilan tetap tersebut, anda sudah bisa kembali modal.
3. Peluang waralaba
Anda juga membuat waralaba punya anda sendiri, dengan produk yang sama yaitu kue waffle. Anda bisa membentangkan kemajuan bisnis anda dengan memberikan kesempatan kepada yang lain untuk mencoba bisnis yang sama dengan anda. Tentunya keuntungan tersebut akan semakin besar.
D. Kentungan Non Finansial
Jika tadi berbicara mengenai keuntungan finansial, maka sekarang mengenai keuntungan non finansial. Misalnya akan lebih banyak lagi kenalan dan dari kenalan tersebut bisa saja ada orang yang mau mengajak kerja sama sehingga usaha anda akan semkian maju dan berkembang bukan hanya pada kue waffle, mungkin saja nantinya kepada kue-kue lainnya.
1. Promosi
Jika anda sudah berjalan seiring perkemangan bisnis anda mengenai kuliner atau dalam hal ini adalah kue waffle, maka yang anda butuhkan selanjutnya adalah mengiklankannya dan mempromosikannya agar banyak orang tahu dan mendapatkan kesempatan utnuk menikmati waffle anda tersebut, dan berikut beberapa media dan alat yang bisa anda gunakan agar kue anda bisa dikenal lebih banyak orang lagi:
2. Media Online
Jika anda tidak mempunyai kesempatan memiliki toko sendiri, janngan khawatir karena sekarang adalah dunia digital dan anda bisa menjual aau membeli apapun dari internet, maka anda juga menjual makanan anda yaitu kue waffle di internet juga. Anda bisa mempunyai toko sendiri yaitu toko online. Media online lainnya yang bisa anda pakai yaitu media sosial yang sekrang banyak dipakai untuk pertemanan, dari situlah anda bisa mempromosikan kepada semua kenalan anda baik itu dari dunia online atau teman dari dunia nyata.
3. Teman
Anda bisa promosikan atau iklankan kepada teman anda, misalnya untuk hari pertama anda akan berikan gratis atau sebagai tester sehingga jika adna yang kruang pas anda bisa tambahkan dan jika ada yang berlebih bisa anda kurangi. Dengan kata lain anda membuat percobaan terlebih dahulu kepada teman anda. Diminta atau tidak diminta ketika ada teman anda atau teman dari teman anda mencari kue waffle maka mereka akan lari kepada anda. Karena dalam hal ini sistem yang dipakai yaitu dari mulut ke mulut dan itu cukup efektif dalam menyebarkan produk anda.
4. Inovasi
Banyak hal yang bisa anda lakukan dengan inovasi yang bisa menarik perhatian para pelanggan atau calon pelanggan anda:
  • Memeberikan bonus kepada mereka yang pernah membeli beberapa kali, atau anda juga bisa berikan kartu catatan pembelian, sehingga ketika ada pelanggan anda yang membeli untuk yang kesekian kalinya anda tahu dan anda bisa berikan hadiah berupa kue lainnya yang tidak kalah enak. Atau hadiah lainnya.
  • Sistem delivery, karena banyak sekali orang yang tidak mau berepot-repot pergi ke suatu tempat untuk menikmati sesuatu maka dari itu anda bisa menyediakan sistem dilivery kepada pelanggan anda,sehingga pelanggan anda bisa menikmati kue anda walalupun di tempat yang agak jauh.
5. Motivasi
Memasak sama dengan seni, jika anda menyukai itu maka kemungkinan orang lain juga akan suka hal itu maka dari itu buatlah seni masakan yang indah, enak dipandangan dan enak di lidah sehingga pelanggan anda tidak akan pergi kemana-mana malah akan semakin bertambah. Selamat mencoba dan selamat menjadi orang sukses.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Jika ada pertanyaan tentang artikel diatas mohon untuk berkomentar dibawah, terima kasih sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk subscribe atau follow blogger gue ya!

0 komentar:

Posting Komentar