TOLONG MENOLONG SESAMA MANUSIA (Ta’awun)




"Orang-orang Muslim itu darahnya saling menyuplai, yang lemah di antara mereka akan berusaha membebaskan tanggungannya dan yang kuat di antara mereka berusaha menyelamatkan yang lemah, mereka adalah satu tangan (kekuatan) untuk menghadapi pihak-pihak selain mereka (musuh-musuh mereka), yang kuat membantu yang lemah dan yang cepat menolong yang lambat." (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah) 

"Tolonglah saudaramu, baik yang berbuat zhalim maupun yang dizhalimi," Nabi ditanya, "Kalau yang dizhalimi kami bisa menolong, bagaimana dengan orang yang menzhalimi wahai Rasulullah? Nabi SAW bersabda, "kamu pegang kedua tangannya atau kamu cegah dia dan kezhaliman, itulah cara kita menolongnya." (HR. Bukhari) 

Dalam Islam, tolong-menolong adalah kewajiban setiap Muslim. Sudah semestinya konsep tolong-menolong tidak hanya dilakukan dalam lingkup yang sempit. Tentu saja untuk menjaga agar tolong-menolong ini selalu dalam koridor “kebaikan dan takwa” diperlukan suatu sistem yang benar-benar sesuai “syariah”. Apa artinya kita berukhuwah jika kita tidak mau menolong saudara kita yang sedang mengalami kesulitan.

tolong-menolong menjadi sebuah keharusan karena apapun yang kita kerjakan membutuhkan pertolongan dari orang lain. Tidak ada manusia seorang pun di muka bumi ini yang tidak membutuhkan pertolongan dari yang lain. Seorang pengusaha yang mendirikan pabrik misalnya, membutuhkan karyawan pabrik. Pabrik yang dia dirikan tidak akan berjalan jika tidak ada bantuan dari yang lain. Jadi dalam hidup ini, tolong-menolong adalah sebuah keharusan.

Sampai-sampai Rasulullah Saw memerintahkan kepada kita tidak hanya menolong orang yang didzhalimi, tetapi juga turut membantu orang yang mendzhalimi agar orang yang mendzhalimi itu tidak lagi berbuat dzhalim.

Maka dari itu, tolong-menolong ini menjadi salah satu nilai yang terkandung dalam ekonomi Islam. Menolong yang lemah, membantu orang yang memerlukan bantuan sudah sebuah kemestian. Para pelaku ekonomi Islam dituntut agar dapat membantu saudaranya keluar dari permasalahan yang dihadapi. Membantu masyarakat yang masih menikmati riba menuju ke sistem yang islami atau syariah, juga dikategorikan sebagai bagian dari nilai tolong-menolong. Apalagi dapat membantu masyarakat ke luar dari lembah kemiskinan. Wallaahu a’lam

Beberapa cara tolong menolong antar sesama

·  1. Donor darah

Jarumnya yang kelihatan besar tidak menyakitkan. Dan jika Anda tidak tahan melihat jarum atau darah, berpaling saja atau pejamkan mata Anda. Biasanya juga ada TV, atau kalau tidak, Anda bisa mengobrol dengan petugas medis yang mengambil darah Anda. Tergantung dari kondisi fisik Anda, donor darah biasanya berlangsung selama sekitar 15 menit.

·  2. Mengunjungi panti jompo

Dahulu saya dan teman-teman kuliah rutin mengunjungi panti jompo terdekat dan kami akan bernyanyi, membaca puisi atau berlakon untuk para penghuni. Sekarang, saya sendirian mengunjungi panti jompo di dekat rumah saya. Saya tidak cukup berbakat untuk melakukan hal-hal kreatif seperti sebelumnya, tetapi ternyata duduk di sisi penghuni dan mendengarkan kisah hidup mereka juga menghibur mereka dan menambah wawasan saya.

·  3. Memberi les privat gratis

Tawarkan anak-anak tetangga dengan seizin orang tua mereka untuk les privat gratis dalam mengerjakan tugas sekolah mereka. Usahakan tempat dan waktunya tetap dan tidak mengganggu aktivitas rutin Anda, misalnya di teras depan rumah Anda setiap hari Sabtu pukul 4 sampai 6 sore.

·  4. Mengajar bakat dan keterampilan

Hal ini tergantung dari bakat dan keterampilan yang Anda miliki dan ingin bagikan kepada orang lain. Misalnya, Anda bisa mengajar cara menjahit taplak meja atau membuat kue kepada ibu-ibu PKK. Jika Anda mahir bermain musik, Anda dapat mengajar bermain gitar atau piano kepada pemuda-pemudi di Karang Taruna di lingkungan rumah Anda.

·  5. Berperan aktif dalam kegiatan keagamaan

Misalnya, bagi umat Nasrani dapat menjadi relawan untuk mengajar kelas Sekolah Minggu bagi anak-anak. Bagi umat Muslim dapat mengadakan pengajian bersama di rumah Anda.

·  6. Menjadi relawan kegiatan kemanusiaan

Misalnya, ikut mendistribusikan bantuan makanan dan obat-obatan ke daerah yang tertimpa musibah, ikut lari marathon untuk menggalang dana bagi penderita kanker, atau ikut kegiatan menanam seribu pohon, dan banyak kegiatan kemanusiaan lainnya di kota Anda. Kegiatan-kegiatan seperti ini biasanya diumumkan secara publik melalui jejaring sosial atau iklan layanan umum di TV.

·  7. Menyumbangkan pakaian bekas Anda

Anda dapat menyumbangkan pakaian bekas yang masih layak pakai ke organisasi-organisasi yang menerima sumbangan pakaian bekas. Lemari pakaian Anda dan hati Anda akan menjadi lega setelah Anda menyumbangkan pakaian bekas layak pakai milik Anda kepada mereka yang lebih membutuhkannya.
Ketika Anda membantu orang lain, Anda akan merasa lebih bahagia karena Anda tidak terlalu berfokus pada masalah dan tantangan hidup Anda sendiri. Ilmu pengetahuan, bakat, keterampilan, tenaga dan waktu yang Anda berikan secara cuma-cuma untuk membantu sesama tidak akan berkurang atau merugikan Anda. Sebaliknya, kemurahan hati dan keikhlasan Anda akan menjadikan Anda pribadi yang lebih baik. Anda akan semakin terampil dalam bakat Anda, semakin bijaksana dalam mengelola waktu Anda, dan semakin cepat bangkit dari masalah Anda sendiri.

Kesimpulan

Menolong artinya membantu teman atau orang yang mengalami kesulitan,tolong menolong artinya saling membantu atau bekerja ssama dengan orang yang ditolong. Bekerja sama dengan teman yang membutuhkan pertolongan,orang yang suka menolong biasanya banyak temannya,tolong menolong dapat dilakukan di rumah  ,di sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar kita.  Setiap Orang membutuhkan pertolongan orang lain,begitu pun dengan diri kita sendiri. Sebab manusia hidup sudah dengan kodrat alamnya yaitu mebutuhkan bantuan sesama
Manfaat Tolong Menolong :
1. Mempercepat selesainya pekerjaan
2. Mempererat persaudaraan
3. Pekerjaan yang berat menjadi ringan
4. Menumbuhkan kerukunan antara sesama manusia
5. menghemat tenaga karena dikerjakan bersama-sama
6. Saling membantu biaya yang dikeluarkan relatif sedikit
7. Saling bertukar pikiran dan saling memahami.
Sumber :
https://keluarga.com/1169/pertumbuhan/8-cara-murah-meriah-dalam-membantu-sesama
http://makalah73.blogspot.co.id/2012/11/tolong-menolong-sesama-manusia-taawun.html

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Jika ada pertanyaan tentang artikel diatas mohon untuk berkomentar dibawah, terima kasih sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk subscribe atau follow blogger gue ya!

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. terima kasih atas paparan makalahnya tentang perngertian bisnis syariah ini,semoga membawa manfaat bagi saya pribadi sebagai tambahan wawasan dan pengalaman untuk memahami bisnis yang sesuai dengan tuntunan ajaran islam.semoga saya bisa menerapkannya dalam usaha sehari-hari amien.

    BalasHapus