Grafik Komputer dan Pengolahan Citra


Teknologi saat ini tidak dapat lepas dari kehidupan masyarakat karena dapat mempermudah kita untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu teknologi itu adalah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra.
Grafik komputer dan pengolahan citra  merupakan hal yang umum diketahui oleh masyarakat, khususnya untuk mereka yang bekerja, mengambil pendidikan, ataupun bergelut di bidang teknologi dan komputer.
Lalu, apa pengertian dan contoh-contoh dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra?  Berikut pembahasannya.

Pengertian dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra:
1.      Grafik Komputer
Ilmu grafik komputer atau yang biasa dikenal juga sebagai visualisasi data merupakan suatu proses pembuatan atau manipulasi suatu model/gambar menggunakan komputer. Pada dasarnya grafik komputer ini berawal dari bentuk grafika/gambar 2D (dua dimensi) sederhana yang kemudian berubah menjadi grafika 3D (tiga dimensi) yang lebih kompleks dan realistis.

2.      Pengolahan Citra
Pengertian citra sendiri adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Maka dapat dikatakan pengolahan citra adalah transfromasi pada citra/gambar menjadi citra lain dengan teknik tertentu untuk memperbaiki kualitas citra tersebut agar mudah dipahami oleh manusia dan komputer.

Contoh dari Grafik Komputer dan Pengolahan Citra:

a.       Contoh Grafik Komputer

1.      Bidang hiburan
Dalam bidang hiburan khusus nya perfilman grafik komputer dapat digunakan untuk membuat efek animasi. Contohnya adalah film Finding Nemo, Up, dan Toy Story yang dibuat menggunakan Pixar RenderMan.


2.      Bidang Desain
Penggunaan grafik komputer dalam bidang desain biasanya digunakan oleh arsitektur untuk membuat desain rumah atau bangunan lainnya secara realistis dengan bantuan Computer Aided Design (CAD).


b.      Contoh Pengolahan Citra

1.      Bidang Kesehatan
Pengolahan citra dapat mempermudah dokter untuk melihat dan mencari tahu masalah yang ada pada tubuh pasien. Salah satunya dengan menggunakan CT-SCAN agar dapat diberikan tindakan yang tepat.



2.      Bidang Militer
Dalam bidang militer pengolahan citra dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan pesawat atau kapal musuh melalui RADAR (Radio Detection and Ranging).


            Demikianlah artikel tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca. Artikel ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya mohon maaf bila terdapat kata-kata yang kurang berkenan.Saya sangat senang apabila pembaca ingin memberikan kritik dan saran melalui kolom komentar agar kedepannya saya dapat membuat artikel yang lebih baik lagi. Dan untuk para pembaca yang meluangkan waktunya membaca artikel ini saya ucapkan terima kasih.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Jika ada pertanyaan tentang artikel diatas mohon untuk berkomentar dibawah, terima kasih sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk subscribe atau follow blogger gue ya!

0 komentar:

Posting Komentar