Pentingnya Media Sosial Bagi Perusahaan Indosat

 Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas jaringannya dalam rangka persiapan untuk menghadapi lonjakan trafik selama lebaran. Layanan data mendapat perhatian paling besar.

Tahun ini, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas layanan internet menjadi 7.344 terabyte per hari. Sementara kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 erlang per hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 miliar per hari. 

Selain meningkatkan kapasitas, Indosat Ooredoo juga menyiapkan Network Operation Center (NOC), Command Center dan Digital Engagement Center (DEC) untuk memantau jaringannya secara nasional. 


Di hadapan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dan awak media, Mei Cheong, Group Head Marketing Communication menjelaskan beberapa langkah yang Indosat Ooredoo ambil untuk mengantisipasi kenaikan trafik saat lebaran selain peningkatan kapasitas jaringan.

Pertama, ujar Mei, mereka menambahkan kata-kata kunci baru terkait liburan lebaran dan mudik ke dalam alat monitor media sosial mereka. Tidak hanya itu, mereka juga mengaktifkan mekanisme peringatan awal atau early alert. Mei menjelaskan, mekanisme tersebut akan memonitor kegiatan di internet dan akan memberikan peringatan ketika ada aktivitas netizen meningkat, baik jika aktivitas tersebut bersifat negatif atau positif. 



"Konsep dibalik monitor media sosial ini bagus. Jika kita sensitif, kita akan bisa mendeteksi tentang apa yang mereka bicarakan," ujar Mei saat ditemui di Kantor Pusat Indosat Ooredoo.

Tujuannya adalah untuk mendeteksi masalah sebelum masalah tersebut menjadi terlalu besar. Karena biasanya, pelanggan cenderung mengeluh di media sosial terlebih dahulu sebeum melaporkan adanya masalah. 

Mei meyakinkan, pembicaraan yang mereka monitor adalah pembicaraan yang bersifat publik. "Pembicaraan pribadi, kita tidak bisa akses." Jika ada masalah, maka tim customer care akan diinformasikan tentang hal itu. Mereka kemudian aka bekerja sama dengan tim jaringan.

"Kami akan terus memantau jaringan sampai peringatan berhenti," kata Mei.

Selain untuk mendeteksi masalah sejak dini, mekanisme ini juga dapat memberitahukan apa yang pelanggan keluhkan. "Terkadang, masalah karena internet lambat, sinya terputus. Terkadang karena pelanggan mendapat 3G bukan 4G," ujar Mei.
 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

Jika ada pertanyaan tentang artikel diatas mohon untuk berkomentar dibawah, terima kasih sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk subscribe atau follow blogger gue ya!

0 komentar:

Posting Komentar