Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi Universitas Gunadarma
BAPSI merupakan unit kerja di tingkat universitas yang berada
di bawah Rektor serta jajaran Wakil Rektor, sesuai dengan struktur
organisasi Universitas Gunadarma
Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif
bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan
informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan
komunikasi. Pada tahun 2007 ini, BAPSI membentuk unit kerja khusus yaitu
Network Operation Center (UG-NOC), System Development Center (UG-SDC), Media
and Information Center (UG-MIC), E-Learning Center (UG-ELC), dan Research
Information Center (UG-RIC). Kelima unit baru tersebut melengkapi struktur
BAPSI sebelumnya, khususnya yang terkait dengan layanan Sistem Informasi.
No.
|
Unit Kerja
|
Deskripsi Tugas
|
1.
|
Network Operation Center
(Pengelola Inherent)
|
(1) Instalasi, pemeliharaan, dan
monitoring jaringan komputer (backbone, intranet, internet, wireless); (2)
Layanan akses dan koneksi internet; (3) Bandwidth management and
policy; (4) Pemberdayaan layanan INHERENT, (5) Pengukuran kinerja layanan
intranet dan internet (internet usage); (6) Trouble shooting, risk
assessment, & DRP; dan (7) Inventory check list fasilitas
jaringan komputer dan komunikasi data
|
2.
|
System Development Center
|
(1) Pengembangan sistem informasi
akademik sesuai dengan kebutuhan atau permintaan stakeholder; (2)
Pengembangan fitur layanan official website; (3) Dokumentasi
sistem informasi; (4) Pembuatan User Guide; (5) Pelatihan end-user;
(6)Pembuatan portofolio aplikasi yang berjalan; dan (7) Identifikasi
kebutuhan sistem yang akan datang bersama-sama dengan calon pengguna sistem
|
3.
|
E-Learning Center
|
(1) Koordinasi pengembangan materi e-learning dengan
unit terkait; (2) Pemeliharaan dan monitoring portal e-learning (termasuk
staffsite&studentsite); (3) Pengembangan content management&SOP
implementasi e-learning; (4) Diseminasi/pelatihan e-learning ke
dosen dan mahasiswa; dan (5) Monitoring pemanfaatan e-learning oleh
dosen dan mahasiswa
|
4.
|
Media&Information Center
|
(1) Content provider untuk website
gunadarma.ac.id, UG-News, UG-TV, UG-Radio; (2)Helpdesk untuk
media informasi Gunadarma (website dan elektronik); (3) Monitoring website yg content
updating-nya didesentralisasi; (4) Layanan data untuk pihak eksternal;
(5) Public education berbasis TIK, (6) Bantuan layanan
promosi publik; dan (7) Survey kepuasan pengguna akhir dan feedback
mechanism
|
5.
|
Research Information center
|
(1) Penanggung jawab content management untuk
ejournal dan repository system; (2) koordinasi dengan content
provider untukcontent-updating ke ejournal dan
repository system; (3) diseminasi dan sosialisasi ejournal dan repository
system; dan (4) Kerja sama dengan pihak eksternal dalam penyediaan materi
untuk e-journal dan repository system.
|
ABOUT THE AUTHOR
Jika ada pertanyaan tentang artikel diatas mohon untuk berkomentar dibawah, terima kasih sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk subscribe atau follow blogger gue ya!
0 komentar:
Posting Komentar